Peran Ekonomi Kreatif terhadap Perekonomian Indonesia Selama Pandemi dengan Analisis Tabel Input-Output
Abstract
Ekonomi kreatif (ekraf) merupakan sektor yang berpotensi menjadi sumber pertumbuhan di tengah perlambatan ekonomi akibat mewabahnya Covid-19 di Indonesia sehingga dijadikan sebagai sasaran dalam program prioritas nasional dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi. Namun, sumber data ekraf yang terbatas mengakibatkan kurang beragamnya informasi untuk menunjang pengembangan sektor ini. Penelitian ini bertujuan untuk memperkaya ketersediaan data ekraf dan menganalisis peran ekraf terhadap perekonomian Indonesia dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis input-output, serta analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan kontribusi sektor ekraf terhadap perekonomian Indonesia selama Covid-19 terus meningkat signifikan dilihat dari sisi permintaan. Subsektor kuliner, aplikasi dan game developer, serta televisi dan radio merupakan subsektor unggulan sehingga dapat menjadi fokus pembangunan pemerintah untuk mencapai target yang telah ditetapkan.
References
Badan Ekonomi Kreatif. (2019). Opus: Creative economy outlook, 2019. Creative Economy Agency of Republic of Indonesia.
BEKRAF. (2018). Opus: Ekonomi kreatif: Outlook 2019. Badan Ekonomi Kreatif.
BPS. (2023). Pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan IV-2022. Berita Resmi Statistik, 15/02/Th. XXVI. Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia). https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/02/06/1997/ekonomi-indonesia-tahun-2022-tumbuh-5-31-persen.html.
Christiani, N. V., & Siahaan, A. L. (2022). Analisis peran sektor pariwisata dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 di NTT. Jurnal Statistika Terapan, 2(1), 55-70. doi: https://doi.org/10.5300/jstar.v2i01.19.
Conover, W. J. (1999). Practical nonparametric statistics, 3rd edition. John Wiley & Sons.
Dewi, R. A. M. (2022). Promoting the Creative economy for a robust post-pandemic recovery in Indonesia. In: T. Sonobe, N. J. A. Buchoud, T. G. Tiong, S. Baek, N. S. Hendriyetty, & E. P. Sioson (eds.), Creative economy 2030: Imagining and delivering a robust, creative, inclusive, and sustainable recovery (pp. 103-113). Asian Development Bank Institute. https://www.adb.org/publications/creative-economy-2030-imagining-and-delivering-a-robust-creative-inclusive-andsustainable-recovery.
Guciano, A. O. (2019). Analisis pengaruh nilai ekspor ekonomi kreatif terhadap pertumbuhan ekonomi ditinjau dari perspektif ekonomi Islam (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intaan Lampung).
Hasan, S. (2021). Pengaruh sosial media dalam peningkatan pemasaran UMKM kuliner selama pandemi covid-19 (studi kasus: UMKM kuliner Kota Bangkinang, Provinsi Riau). INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 30-40. doi: https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.121.
Indonesia, R. (2021). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 115 tahun 2021 Tentang Pemutakhiran Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2022. Republik Indonesia.
Indonesia.go.id. (2022, 16 Maret). Ekonomi kreatif negara G20 jadi motor pemulihan via transformasi digital. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/4434/ekonomi-kreatif-negara-g20-jadi-motor-pemulihan-via-transformasi-digital?lang=1.
Kemenparekraf. (n.d). Statistik pariwisata dan ekonomi kreatif: Data statistik pariwisata dan ekonomi kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Republik Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. https://kemenparekraf.go.id/statistik-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif.
Kemenparekraf/Baparekraf RI. (2021, 8 Oktober). Desain komunikasi visual salah satu subsektor ekraf kekinian yang menjanjikan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Desain-Komunikasi-Visual-Salah-Satu-Subsektor-Ekraf-Kekinian-yang-Menjanjikan.
Kemenparekraf/Baparekraf. (2021, 13 Desember). Statistik ekonomi kreatif 2020. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. https://kemenparekraf.go.id/publikasi-statistik-ekonomi-kreatif/statistik-ekonomi-kreatif-2020.
Kemenparekraf/Bekraf. (2023). Infografis data statistik indikator makro pariwisata & ekonomi kreatif. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. https://bankdata.kemenparekraf.go.id/upload/document_satker/5baa176056e524cfaa5086f5d69b2747.pdf.
Khairani, L. (2020). Analisis peran ekonomi kreatif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam (Studi pada pelaku usaha ekonomi kreatif Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah) (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).
Mankiw, N. G. (2013). Macroeconomics (8th edition). Worth Publisher.
Miller, R. E., & Blair, P. D. (2009). Input-output analysis: Foundations and extensions (2nd edition). Cambridge University Press.
Monica, D. (2021). Pemetaan perekonomian dan potensi ekonomi kreatif di Kota Bandung (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).
Rachmah, F. N. (2017). Potensi ekonomi kreatif di Indonesia: Analisis input-output dan ekonometrika (Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik).
Supranto, J. (2009). Statistik: Teori dan aplikasi (Edisi 7, Jilid 2). Erlangga.